PRINSIP-PRINSIP VISUAL
"PRESENTASI KELOMPOK 4"
Visual berperan dalam :
1. Sarana untuk menyediakan referensi kongkrit untuk memunculkan ide.
2. Mendukung tulisan dan juga lisan.
Secara etimologis, Visual merupakan Penghantar melalui Visual dari komunikator ke penerima yang dikembangkan melalui chart, grafik, gambar, foto, dll.
yang berfungsi untuk mrmperlancarpemahaman dan ingatan, meningkatkan minat belajar, sebagai referensi kongkrit menumbuhkan ide.
LITERASI VISUAL
Dengan dasar analisa pebelajar, literasi dapat dibagi menjadi 2 pendekatan yaitu :
1. Input Strategis (Decoding)
2. Output Stragtegis (Encoding)
Pembelajra yang harus memiliki kemampuan untuk mengartikan sebuah lambang visual:
1. Intepretasi - Dengan stimulus
2. Development Effect - Memakanai Tampilan Visual
3. Cultural Effect - Dipengaruhi oleh latar belakang kebudayaan
4. Visual Preferent - Disesuaikan dengan calon pengguna
TUJUAN DESAIN VISUAL (Goals Of Visual Design)
1. Unsur Legibility (memastikan Keterbacaan)
2. Reduse Effect (Meminialisir upaya penanngkap pesan)
3. Increase Active Engagement (meningkatkan keefektifan)
4. Perhatian Ynag fokus.
Dlam Proses merancang Desain Pesan memiliki beberapa element :
1. Visual element
2. Verbal Element
a. Letter Style
b. Capitals
c. Color Of Letter
d. Size Of Letter
e. Spacing Font
f. Spacing Between Lines
3. Element That Add Appeal
a. Surprise
b. TExture
c. Interaction
PATTERN (susunan/pola)
1. Aligment- Penataan Baris (Left, Right, Center, Justify)
2. Shape - MEmilih bentuk yang familiar
3. Balance - keseimbangan unsur, benda, bentuk, nada, berat seimbang antara kanan dan
kiri.
Keseimbangan terdapat 2 macam yaitu :
1. Formal - berat,ukuran, bentuk, baris vertikal scara simetri.
2. Informal - Penempatan obyek secara acak akan tetapi dilihat dapat
seimbang.
4. Style - penampilan dari perancang yang berbeda0-beda menutut stylnya
sendiri-sendiri.
5. Color Scene - penggunaan warna yag dapat memberikan kesan Realitas, Psikologis,
Membedakan setiap erbedaan.
6. Color Appear - Pemilian atau penggunaan warna yang dilihat dari situasi kondisi
seseorang.
7. Arangement
8. Directional Pure
9. Vigur Ground Contras
10. Consisrensi
VISUAL PLANNING TOOL
1. (Story Board) sebuah metode perencanaan
2. Types Of Letters (Pemilihan jenis tulisan yang akan digunakan dalam sebuah
tampilan visual)
Digital Images
Mengolah bentuk-bentuk visual menguunakan program-program digital komputer seperti Program Photosho, Editing Video, dll. sehingga dihasilkan tampilan visual seperti apa yang diharapkan dalam bentuk digital.
HASIL DISKUSI PRESENTASI :
PERTANYAAN :
1. Apa yang di maksud ICONIC? (Gian Prantoro)
2. Apa yang dimaksud dengan refernsi kongkrit dalam memunculkan ide dalm perannan
Visual? ( Gian P.)
3. Jelaskan Proses merancang desain visual ? (ARIFIN sEPTYANTO
JAWABAN :
1. iconic ?
bawa kata-kata itu dapat diwakili suatu benda dengan pengertian sama antar maksud
yang disampaikan pesan.
exp. : Seperti dalm buku, yang tidak memiliki visual, apa menarik ?
bahwa, Icon yang mendukung sebuah tulisan dan juga dapat menggantikan
tulisan dengan maksud yang dimengerti orang lain. dan menunjukan makan
secara tidak langsung arti dari sebuah kata-kata/tulisan.
2. Visual berperan dala memunculkan ide setelah orang melihat dari visual. Seperti
foto pemnadangan yang, yaitu gambar visual secara kongkrit menjadi refernsi yang
dapat menumbuhkan ide-ide dari orang yang melihatnya.
3. Proses mrancang desain visual yaitu :
a. Mengumpulkan ide (seperti pembuatan mind mapping)
b. Perencanaan dimaksukan ke dalam story board
c. Mendesain disesuaikan dan dibuat semenarik mungkin dengan menggunakn
software-software.
0 Response to "PRINSIP-PRINSIP VISUAL"
Posting Komentar