KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Rata Penuh
Komputer memiliki fungsi yang dapat dimanfaatkan sebagai CAI (computer asisnegned instruksion) dan CMI (computer Managed Instruction) yang mana dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik. Oleh peserta didikkomputer dapat meningkatkat kemempuan akademisnya, dan dapt menyelesaikan tugas-tugas, mendapatkan informasi, dll. OLeh pendidik, komputer dapat dimanfaatkan dengan penggolongan dalam 4 kawasan besar secara fungsionalnya :
1. sebagai obyek pembelajaran
2. sebagai alat
3. sebagai alat pembelaran
4. sebagai alat mengajar berfikir logis / logical thinking

Komputer yang dapat dimanfaatkann sebagai media pembelajaran ini memberikan berbagai dampak positif mupun negatif, baik untuk pendidik maupun peserta didik.
Dalam Dunia Teknologi pendidikan, komputer yang diintegrasikan oleh berbagai teori-tori pembelajaran sebagai dasar untuk menberikan atau menyampaikan materi dengna pendekatan teori-teori tersebut. seperti pada teori behavioristik yang memberikan produk hasil pengolahan komputer seperti game "who wants to be a milionare". yang memberikan hadiah ketika menang atau benar. dan mundur apabila salah. DAlam pengguanaan teori-teori belajar pembelajaran, paling banyak diaplikasikandalam software komputer adalah teori neobehavioristik.

dalam diskusi yang disajikan oleh kelompok 2, mennyajikan hal diatas dengan hasil sbb. :
Pertanyaan :

Pertanyaan melinda hapsari :
kenapa dalam membuat software yang digunakan dalam membuat menggunakan teori neubehavioristik.
Jawab :
Karena dengan teori ini dapat mempermudah dalam proses pembuatan dan apabila salah bisa diulangi kembali.

Pertanyaan Noor Ofiana :
Dengan konsewensi mudah dalam membuat, kurang efisien dalam memnghunakan. sulit dalam membuat akan lebih efisien dan efektif juga berorientasi ke arah konstruktivism dan humanis. apakah seperti itu ?
Jawab :
YA, dalam membuat suatu software akan lebih efektif dan efisien aapabila prosesnya sulit dan rumit. dan sebaliknya. dalam pembuatan yang menggunakan neobehavioristik, akan lebih mudah dalam merancang dan akan lebih fleksible, meski hasilnya kurang efisien sengan mengarah ke humanis.

Pertanyaan Gian Prantoro :
Apa yang dimaksud dengan logical thinking !
Jawab :
teknologi memainkan peranan penting dalam membantu pembelajar dengan masalah untuk memecahkan.seperti dalam komputer, Mereka dapat menggunakan komputer untuk mencari informasi, menemukan model, membuat keputusan, dan solusi desain i. Dia mencatat bahwa ada sumber daya yang tersedia untuk memfasilitasi pembelajaran siswa.
Menurut pendapat kami, komputer yang dapat ddimanfaatkan sebagi media pembelajaran mempu membantu pedidik dan peseta didik dalam menangani setiap permasalahan.


Pertanyaan Arifin Septyanto Nugroho :
Coba anda kemukakan mengenai kesimpulan dari apa yang anda sajikan dan berikan pendapat kalian !
Jawab :
Roysa hudaya : menurut kelompok kami, komputer merupakan alat yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran baik yang dimanfaatkan olek pendidik maupun peserta didik. Untuk membantu proses pembelajaran yang pekerjaan yang dihadapi. Dengan komputer dapat dimanfaatkan untuk memuat meteri yang akan disampaikan pendidik.


Pertanyaan Arief Priyanto :
Bagai mana anda menyikapi tentang permasalahan seperti ketimp-angan dalm penggunaan komputer dalm suatu wilayah yang pelosok dan kemampuan yang kurang seperti kompetensi yang diharapkan ! !
Jawab :
menurt kami, menyikapinya dengan memaksimalkan literasi komputer di setiap wilayah termasuk yangb belum atau kurang melek komputer. dengan palatihan-pelatihan yang terus dikembangkan sehingga ketimpangan dalam penggunaan komputer dapat di minimalisir.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN"

Posting Komentar